Upgrade ke f/w 1.1.4 dengan ZiPhone

Page ini berisi kompilasi dari apa yang di lakukan oleh saya dan rekan2 yang lain di dalam melakukan upgrade ke F/W stabil yang terakhir (versi 1.1.4), dengan menggunakan ZiPhone.

Pertanyaan yang paling umum muncul adalah:

T. Apakah saya bisa upgrade langsung dari versi berapapun ke versi ini?
J. Ya bisa

T. Harus menggunakan software ZiPhone versi berapa?
J. Pakai yang terakhir no problem, saya sendiri dan banyak rekan lain masih menggunakan versi 2.6b

A. PRE 1.1.4: CheckList yang diperlukan sebagai persiapan untuk upgrade ke 1.1.4

1. Ganti SIM card bawaan iPhone dengan SIM card kita sendiri.
(http://www.maclife.com/article/how_t…phone_sim_card)

2. Siapkan firmware 1.1.4 di tangan. Kalau belum ada silahkan download di sini:
http://appldnld.apple.com.edgesuite….2_Restore.ipsw

* More info untuk firmwares versi lain silahkan cek http://macclubindonesia.com/forums/s…ad.php?t=12944

Siapkan ZiPhone application, versi terakhir per Maret 26 adalah versi 2.6b, silahkan download dari sini:

http://www.ziphone.org, untuk Mac user, bisa download dari sini.

Untuk PC user silahkan download .NET Framework versi 2.0
http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=0856eacb-4362-4b0d-8edd-aab15c5e04f5&displaylang=en

3. Lakukan restore (bukan upgrade) ke 1.1.4, dengan cara berikut:

– Jalankan itunes (gua pake 7.6.2), sebelumnya di coba di iTunes 7.6.1 no problem.

– colok USB iPhone ke Mac/PC

– Pencet tombol [shift] atau [option] + klik [restore] dan point ke firmware yang di inginkan (hasil download sebelumnya)

restore ke 1.1.4

– setelah selesai restore, tunggu sampai iTunes komplain ‘SIM/phone tidak di kenal/support‘ biarkan saja.

– matikan iTunes.

4. Masuk ke proses downgrade bootloader dan jailbreak, activate dan unlock:

– jalankan ZiPhone 2.x, terus downgrade BL 4.6 -> 3.9 (Untuk yang sudah 3.9, silahkan di skip)
* ini makan waktu 4 menit. (ini untuk pertama kali, jika di lain kali ingin mengulang proses, bagian downgrade BL ini bisa di skip)

– setelah itu Masuk ke bagian Advance, dan centang pilihan jailbreak,activate dan unlock, setelah itu Start Process
* ini akan makan waktu sekitar 2.5 menit.

– setelah selesai, lihat message di ZiPhone, akan muncul pesan seperti ini: ZiPhone completed successfully!
Sampai di sini proses selesai.

5. Matikan ZiPhone dan jalankan iTunes kembali.
– Akan muncul pesan Set Up Your iPhone -> [x] set up as a new iPhone
– Masukkan nama yang diinginkan
jangan memilih pilihan Automatically sync contacts, calendars, email accounts, and bookmarks kalau
benar2 ingin mendapatkan phone yang fresh!

>> Done sampai di sini ! Firmware 1.1.4 (4A102) dan baseband 04.04.05_G

B. POST 1.1.4: Ini checkList yang gua lakukan setelah iPhone naik ke 1.1.4:

1. Turn on WiFi atau EDGE, kemudan cek icon Installer di homescreen dan jalankan.
Saat awal akan refresh source dan akan update Installer baru, ikutin aja.

2. Setelah itu: Add source untuk Installer berikut yang di buat untuk member MCI:
http://repo.indo.net.id/mci.xml (klik Installer -> Sources -> Edit -> Add -> ;)

Nanti akan terlihat beberapa Category di Installer:
(lihat juga http://iphoneall.wordpress.com/2008/04/26/organizing-the-repo/)

MCI – Dictionary
MCI – Games
MCI – Multimedia
MCI – Productivity
MCI – System
MCI – Tools

Mulailah dari MCI – System dulu, untuk install apps yang di sebut berikut:
– BSD Subsystem versi 2.1
ini adalah subsytem BSD yang di taruh di bawah layer GUI nya si iPhone, sama seperti
subssystem BSD di MacOSX yang di akses lewat Terminal.

– OpenSSH versi 4.6p1-2
ini adalah aplikasi untuk memperboleh kan kita memiliki akses ke BSD Subsystem dari remote pc.
Akses berupa kemampuan login dan memindahkan (copy) data.

Untuk mengakses ini ada beberapa client yang di rekomendasikan

a. Untuk login (SSH protocol) bisa menggunakan:
– ssh (command line, default lewat terminal) – MacOSX free
– putty (www.putty.org) – Windows free
– tunnelier (http://www.bitvise.com/) – Windowsf free


b. Untuk memindahkan data (SFTP protocol)
– Cyberduck (http://cyberduck.ch) – MacOSX free
– sftp (command line, default di OSX) – MacOSX free
– Transmit (http://www.panic.com/transmit/) – MacOSX commercial
Fetch (http://www.fetchsoftworks.com/) – MacOSX commercial
winscp (http://winscp.net) – Windows free

– Fix Capacity Size of iPhone/iPod versi 0.1
ini adalah aplikasi untuk memindahkan directory fonts/ringtones/Applications ke partisi non system
yang notabene lebih besar dari 300MB partisi system.

– Fix Directory Link (1.1.3/1.1.4) versi 0.2
ini adalah aplikasi untuk meng-allow aplikasi2 yang masih menggunakan standar directory yang tidak
comply dengan f/w baru tetap jalan (contoh applikasi: SMSD, PDFViewer, EBooks dll).

– Passwd Fixer (for BSD 2.1) versi 1.1
ini adalah aplikasi command line di BSD Subsystem yang menggantikan aplikasi bawaan BSD 2.1 yang broken.
dengan melakukan patch ini, maka kita bisa menggunakan password selain ‘alpine’.
Cara merubah password, dari shell iPhone (pake SSH/Putty):

# passwd <enter>

Dari sini akan di tanyakan password 2x untuk cross checking. Setelah selesai akan kembali ke shell prompt:

#
– Kb2 versi 0.0.1
Switch untuk Keyboard AutoCorrection (cek Settings->General->Keyboard)

– Term-vt100
Akses ke BSD subsystem lewat console iPhone

– SUID Lib Fix versi 1.0
Fix problem logging in di console iPhone

– BSD Subsystem 2.0 Terminal Fix versi 1.10
Fix problem keyboard tidak berjalan sempurna di remote SSH.
3. Lanjutkan langkah berikutnya untuk install aplikasi2 lain, bisa di mulai dari MCI Tools, Multimedia, ataupun dari Repo site lainnya.

*** Setelah restore maka host key iphone yang tercatat di Mac akan berubah, untuk itu harus di delete value yang lamanya, caranya tinggal ketik:
rm ~/.ssh/known_hosts

source: iphoneall.wordpress.com

7 responses

13 06 2008
benz

please tolong dong gimana cara menambah yahoo mess di iphone

13 06 2008
koolemo

@benz

Udah masukin repo MCI blom bro? kalo belum, masukin:

http://repo.indo.net.id/mci.xml ke source nya..

trus di MCI -Productivity, loe install: fring 0.9786

itu bisa di pakai untuk:
Skype
Twitter
ICQ
MSN
Google Talk
Yahoo
AIM

Good Luck! ^__^

23 06 2008
William

ne pada saat nge-restore iphone bwat mengupgrade, contact di iphone bakal ilang ga??
klo ilang, g mna cara bwat bikin back upnya??

23 06 2008
koolemo

@william
iyah.. pastinya semua data (contacts, sms, logs, musics, videos,etc) di iPhone akan hilang kalau me-restore / meng-upgrade.

Caranya backup yah dari iTunes. kalau sync iPhone ke komp pakai iTunes, akan otomatis di update contacts nya.

Di iTunes, waktu loe connect iPhone ke komputer, di bawah tab ‘info’ , centang ‘sync address book contacts’

untuk lebih pasti (gua assumed loe pake Mac) loe cek aja applikasi ‘address book’ di mac loe, semua contacts loe ada di sana gak? kalo ada, berarti udah aman. Kalau masih parno juga, backup semua contacts di address book loe di mac, copy semuanya ke desktop loe, nanti bisa loe restore lagi kok. ^__^

nanti setelah di upgrade, sync lagi dengan iTunes, contact loe akan tersync juga ke iPhone. Good Luck ^^

28 06 2008
william

bos, masalahnya gw pakenya windows
klo cara yg ad bwat nge-back up data di mac bsa diterapkan di windows ga???

28 06 2008
koolemo

bisa bro.. sama aja… untuk double check.. coba di cek di ‘windows address book’ deh yg ada di start-program-accessories (kalo gak salah) nah loe cek deh.. dah ke backup semua blom? kalo udah yah loe udah fine2 aja😀

setelah loe upgrade… jangan lupa set as new iPhone.. dan uncheck (jangan di centang) automatic sync contact, dll. Trus nanti pas dah masuk iTunes, baru deh di setting lagi di tab ‘info’ nya ’sync address book contacts’ dan apply & sync… good luck bro ^^

16 08 2008
inno

Terima kasih sharing nya Mas, sangat membantu…semoga menambah kebaikan buat anda…
indra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: